Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Rahasia Kesehatan dan Kecantikan dari Berbagai Negara – Bagian 3

4 January 2019

Tags:

Hampir semua bangsa di berbagai belahan dunia memiliki “rahasia” yang konon dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kecantikan. Mau tau apa saja rahasia tersebut ? Berikut ulasannya.

Persia

Wanita Persia terkenal akan kontur wajahnya yang indah serta kulitnya yang halus tak bercela. Rahasia mereka terletak pada ritual perawatan kulit yang telah mengakar dan diturunkan dari generasi ke generasi dari nenek dan ibunya. Berikut beberapa ritual kecantikan yang ditaati oleh setiap wanita Persia : 
1. Kiseh (کیسه حمام) & Sefidab (سفیداب) Penggunaan kiseh dan sefidab untuk memperoleh kulit yang halus dan bersinar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan mandi wanita Iran. Digunakan sejak zaman kuno, sefidab adalah bola kecil berwarna putih yang terbuat dari campuran lemak hewan dan mineral alami. Dipasangkan dengan kiseh, sarung tangan khusus yang berfungsi sebagai scrub, sefidab  dapat membersihkan tubuh dari tumpukan sel kulit mati dengan optimal. Sefidab dan kiseh digunakan dengan cara meletakan sejumput sefidab pada kiseh lalu menggosokannya pada permukaan tubuh yang telah dibasahi. Masyarakat Persia percaya bahwa penggunaan sefidab dan kiseh harus dilakukan sebelum menggunakan sabun, jika tidak maka manfaatnya bagi kulit akan hilang. 2. Sedr (سدر) Bubuk yang terbuat dari daun tanaman Zizyphus spina-christi ini merupakan shampoo dan kondisioner mediteranian kuno yang dipercaya mampu memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Masih digunakan di Iran hingga kini, sedr memiliki reputasi yang baik untuk mengatasi masalah rambut rusak dan mudah berketombe, caranya : campurkan 2-4 sendok makan bubuk sedr dengan air hingga membentuk pasta kental. Gosok campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas dengan air hingga bersih. 3. Henna (حنا) Pewarna alami yang terbuat dari tanaman henna ini banyak digunakan di Timur Tengah, Afrika utara dan Asia selatan. Selain memberikan rona merah gelap yang menawan pada rambut mereka, wanita Persia memiliki kebiasaan untuk mencampurkan henna kedalam komposisi masker rambut (campuran dari telur, henna, minyak kelapa dan air) yang mereka gunakan karena dipercaya mampu mengunci kelembaban pada batang rambut sehingga memberikan mahkota kepala yang lebih sehat dan bercahaya. 4. Kuning telur Perawatan rambut lainnya yang kerap dilakukan oleh wanita Persia adalah menggunakan kuning telur sebagai masker rambut untuk meningkatkan ketebalan batang rambut dan membuatnya menjadi halus dan lembut layaknya sutra. ​ Caranya : kocok 2 kuning telur dengan sedikit minyak zaitun, lalu gosok campuran tersebut pada akar dan batang rambut, diamkan selama 30 – 45 menit sebelum berkeramas menggunakan shampoo dan conditioner seperti biasa. 5. Air mawar Wanita Persia memiliki kebiasaan menggunakan air mawar sebagai toner untuk diaplikasikan pada kulit ketika kulit terasa kering atau lelah. Penggunaan air mawar dipercaya sebagai rahasia kulit bening para wanita Persia. Selain mengandung minyak bunga mawar, air mawar juga mengandung vitamin A dan E. Paduan bahan-bahan ini membantu untuk menutrisi kulit dan membuatnya senantiasa halus. Efek anti-peradangan dan efek melembabkan yang dimiliki oleh air mawar juga dapat membantu meredakan masalah kulit sensitif.   

Artikel Terkait

Sorry, no posts matched your criteria.