Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

19 March 2024

Siapa di sini yang mempunyai kutil atau skin tag? Jika kamu mempunyai skin tag, tidak usah khawatir, karena pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Tetapi untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

Apa perbedaan antara Kutil dan Skin Tag?

Kutil dan skin tag merupakan pertumbuhan daging yang biasanya timbul pada kulit seperti bintil kecil, tetapi asal muasal kedua kondisi kulit tersebut berbeda.
Biasanya, skin tag timbul di daerah yang banyak terkena gesekan seperti leher, selangkangan, atau ketiak. Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya, namun tetap harus dicek ke dokter jika timbul berlebihan secara tiba-tiba.

Berbeda dengan skin tag, kutil seringkali timbul di daerah seperti kaki, tangan, dan wajah. Kutil biasanya tergolong tumor jinak, namun jika ada perubahan pada bentuk atau jumlah kutil, kami sarankan untuk cek ke dokter karena bisa berpotensi menjadi kanker.

Penyebab Kutil dan Skin Tag

Kutil umumnya disebabkan oleh infeksi pada kulit, dan seringkali disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus. Biasanya, virus tersebut bisa menular lewat kontak kulit tetapi lebih sering menyerang orang yang tidak mempunyai sistem imun yang kuat.

Berbeda dengan kutil, skin tag bisa timbul di berbagai macam usia dan bisa menambah seiring dengan pertambahan usia. Walaupun penyebab spesifik dari skin tag belum diketahui, berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan timbulnya skin tag:

  • Usia: Semakin berusia, produksi kolagen akan melemah. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya skin tag pada kulit
  • Genetik: Skin tag juga dapat dialami oleh orang yang mempunyai keluarga yang cenderung mempunyai skin tag
  • Hormon: Bumil yang mengalami peningkatan hormon saat hamil dapat mengalami timbulnya skin tag pada kulit
  • Obesitas: Orang yang memiliki berat badan yang berlebihan cenderung timbul skin tag pada daerah yang sering bergesekan

 

Treatment untuk Menghilangkan Kutil dan Skin Tag

Prosedur menghilangkan kutil dan skin tag perlu dikerjakan di klinik secara profesional, dan kami mempunyai berbagai perawatan yang bisa membantu menghilangkan kutil dan skin tag.

  • Elektrokauter: Perawatan ini sudah menjadi salah satu andalan EstetiBesties kami jika ingin menghilangkan kutil dan skin tag, karena cepat dan efektif. Prosedur elektrokauter tersedia di lokasi klinik berikut.
  • Laser Co2 Ablatif: Laser juga menjadi salah satu perawatan andalan untuk menghilangkan kutil dan skin tag. Mohon perhatian bahwa perawatan ini baru tersedia di klinik Bekasi Mas, Karawaci, dan Kyai Maja kami.

 

Tunggu apa lagi? Untuk EstetiBesties yang ingin menghilangkan skin tag, langsung booking treatment di klinik Estetiderma terdekat!

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023

Treatment viral: Retinol Peel di Estetiderma Skin Clinic

Apakah kalian sudah lihat video Tiktok yang saat ini sedang viral tentang Retinol Peel? Betul, treatment ini hanya tersedia di klinik kecantikan Estetiderma, lho~ Namun, sebenarnya apa sih Retinol Peel? Dengan hasil yang auto glowing, proses kulit mengelupas bagaikan cosplay jadi ular, tetapi dengan harga masih terjangkau, pasti banyak dari kalian yang penasaran. Yuk, kami jelaskan apa itu Retinol Peel, serta fungsi dan prosesnya!

25 May 2023