Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Hati-Hati! Jangan Berlebihan Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini

2 April 2018
Seringkali apapun yang berlebihan itu tidak baik termasuk makanan. Tidak hanya tubuh, tapi dampak buruk makan makanan yang berlebihan juga bisa terjadi pada kulit. Jadi apa saja makanan yang dapat memperburuk kondisi kulit? Simak di bawah ini:
1. Makanan Manis dan Minuman Bersoda Karbohidrat pada gula halus yang sering ditemukan pada kue, biskuit, permen dan minuman soda dapat meningkatkan level insulin dan menyebabkan peradangan pada tubuh. Peradangan ini menyebabkan gangguan pada kolagen dan elastin, serat yang berfungsi menjaga kekenyalan dan kekencangan pada kulit.
​Gula juga dapat menempel pada protein yang dapat menyebabkan timbulnya zat yang berakibat buruk. Zat tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, jerawat atau beruntusan. Selain itu ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa gula menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tingginya level insulin juga dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Penelitian baru-baru ini menemukan, orang yang melakukan diet dengan cara mengurangi konsumsi glukosa, risiko memiliki kulit berjerawat lebih rendah.​ Untuk mengurangi jerawat dan mencegah serta memperbaiki kulit kendur akibat konsumsi gula berlebihan, Anda memerlukan makanan yang mengandung zinc seperti kacang mete dan alpukat. Cobalah ganti gula dengan dark chocolate yang mengandung zinc dan antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari.
2. Apapun Yang Mengandung Kafein Kadar normal kafein yaitu 200 - 300 mg dan dosis ini berbeda-beda pada setiap orang. Bila Anda mengonsumsi kopi dalam kadar kafein diatas normal maka akan mengakibatkan keracunan, gelisah, tidak bersemangat, detak jantung menjadi lebih cepat, gangguan tidur dan kecanduan.
Selain itu kafein juga dapat menimbulkan hormon stress yang bernama kortisol. Efeknya juga akan menimbulkan pada kulit menjadi berjerawat maupun beruntusan. Jika Anda ingin kulit yang tetap menarik dan sehat, coba batasi konsumsi kafein.
3. Makanan Yang Mengandung Lemak Protein Terlalu banyak mengonsumsi lemak protein seperti yang ada pada keju, pizza, dan daging merah dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam dan terlihat bengkak. Selain itu dapat membuat lingkaran hitam pada mata semakin gelap. Ganti konsumsi protein Anda dengan protein tanpa lemak seperti protein dari ayam dan ikan. Protein dalam ikan salmon dan sarden bagus untuk jerawat yang meradang, begitu juga yang berasal dari kacang-kacangan.
4. Makanan Dengan Kadar Garam Tinggi Kandungan garam tinggi yang ada pada makanan dapat menahan air yang masuk ke dalam kulit. Ini membuat kulit terlihat bengkak dan kembung. Selain itu, terlalu banyak konsumsi garam juga bisa berakibat pada kulit menjadi kusam dan kering. Sebaiknya Anda mengurangi kadar garam pada setiap makanan dan perbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan kulit.
5. Produk Susu Hewan Olahan Olahan susu hewan yang manis maupun yang asin atau asam dapat meningkatkan kadar androgen yang menjadi penyebab produksi minyak meningkat sehingga risiko timbulnya jerawat lebih tinggi. Namun, Anda tidak harus sepenuhnya menghindari olahan susu hewan ini. Cukup dikurangi konsumsinya, misalnya dari setiap hari menjadi hanya tiga kali seminggu. Anda juga bisa mengganti konsumsi susu hewan dengan susu yang berasal dari olahan kacang-kacangan, seperti susu kedelai, almond, mete, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023