Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Gejala Kekurangan Nutrisi Yang Dapat Mengganggu Penampilan #2

4 May 2018
Picture
1. Luka Pada Kulit Yang Tidak Kunjung Menyembuh Luka potong yang agak dalam memang tidak akan sembuh dalam semalam, namun jika goresan tipis seperti yang ditemukan setelah mencukur tidak kunjung menutup, ini bukanlah pertanda sesuatu yang normal dan Anda perlu mencari tau penyebabnya. Selain akibat kadar gula darah yang tinggi/tidak terkontrol, penyembuhan luka yang melambat juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan protein dalam pola diet sehari-hari. Protein berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Agar penyembuhan luka pada kulit menjadi lebih cepat, usahakan untuk mengkonsumsi 20-30 gram protein dalam setiap porsi makan Anda. Cara ini dapat Anda lakukan misalnya dengan meminum satu gelas susu ketika makan malam, menambahkan kacang edamame kedalam salad ketika makan siang, atau menambahkan satu hingga dua sendok makan selai kacang kedalam smoothie yang Anda minum dipagi hari. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan cukup vitamin C, karena kekurangan vitamin C juga membuat penyembuhan luka menjadi melambat. Strawberry, jeruk, dan jambu biji adalah jenis buah-buahan yang mudah ditemukan serta mengandung banyak vitamin C. 

Picture
2. Gusi Mudah Berdarah Tidak jarang permasalahan gusi berdarah diakibatkan oleh masalah sepele seperti menggosok gigi dengan terlalu agresif. Namun, jika cara menggosok gigi sudah benar tetapi masih menjumpai gusi berdarah, kemungkinan Anda mengalami defisiensi vitamin K. Vitamin K berperan dalam pengaktifan jalur pembekuan darah yang pada akhirnya menghasilkan bekuan darah pada luka untuk menutup luka sehingga perdarahan berhenti. Kekurangan vitamin K juga memudahkan terjadinya perdarahan spontan di jaringan mukosa seperti gusi dan mulut. Meskipun keadaan defisiensi vitamin K sangat jarang ditemukan, Anda dapat mengoptimalkan asupannya dengan banyak mengkonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti kailan dan kale. Jika masalah ini masih berlangsung, jangan lupa untuk periksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat. 

Picture
3. Rambut Rontok Apa yang Anda makan akan tercermin pada kesehatan rambut Anda. Meskipun kehilangan beberapa helai rambut masih dianggap normal (kehilangan 50 hingga 100 helai rambut per hari masih dianggap normal), Anda mungkin tidak akan menyukai bila helai rambut terlalu jarang hingga membuat kulit kepala terlihat. Kekurangan protein dan vitamin C mengakibatkan helai rambut menjadi lebih tipis, mudah bercabang dan mudah rontok. Hal ini dikarenakan vitamin C membantu tubuh untuk membentuk kolagen-penunjang kulit yang sehat serta folikel rambut yang kuat. Sementara itu, protein berperan sebagai pemasok asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen dan keratin (protein dalam rambut). Karena itu, pastikan untuk selalu mengkonsumsi protein dan buah buahan dalam jumlah yang cukup ya.

Picture
4. Munculnya Rambut Putih/Uban Secara Dini Tembaga membantu tubuh untuk memproduksi melanin, pigmen pewarna rambut dan kulit. Kadar tembaga yang rendah – akibat kurangnya asupan nutrisi yang mengandung tembaga atau akibat masalah kesehatan lainnya yang mengganggu metabolisme tembaga-membuat rambut memutih/beruban dengan lebih cepat. Kekurangan vitamin D juga dapat memicu munculnya uban/rambut putih lebih dini. Untuk menghindari hal ini, ganti snack sore hari Anda dengan kacang kacangan seperti almond atau biji bunga matahari yang mengandung tembaga, dan jangan lewati segelas susu di pagi hari.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023