Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Gejala Kekurangan Nutrisi Yang Dapat Mengganggu Penampilan #1 

4 May 2018
Picture
1. Kulit Kering Dan Bersisik Jika kulit mulai terasa kering dan bersisik, coba perhatikan asupan asam lemak omega 3 dalam nutrisi sehari-hari Anda.  Asam lemak omega 3 merupakan salah satu bahan dasar dalam pembuatan mantel asam kulit, yaitu lapisan lemak alami yang diproduksi kuntuk menjaga kelembaban kulit sekaligus melindunginya dari infeksi bakteri. Tanpa asupan asam lemak omega 3 yang cukup, kulit mudah menjadi kering dan bila berkepanjangan akan mengakibatkan tekstur kulit menjadi “bersisik”. Bila terus dibiarkan, garis-garis halus dan kerutan akan muncul pada kulit dengan lebih cepat. Asam lemak omega 3 dapat ditemukan secara alami dalam makanan seperti salmon, sardine, walnut, flaxseed, dan chiaseed

Picture
2. Kulit Pucat Kulit pucat dan nampak tidak sehat dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kadar besi dalam tubuh. Kekurangan zat besi mengakibatkan sel darah merah menjadi berkurang jumlahnya dan juga lebih sedikit mengandung pigmen Hemoglobin (zat yang memberikan warna merah pada darah), sehingga sel darah merah nampak lebih pucat dari normal. Hal ini tentu saja akan berimbas pada kulit, membuat kulit nampak pucat dan tidak sehat karena kekurangan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah. Anda dapat mencoba mengatasi keadaan ini dengan meningkatkan asupan zat besi dalam diet sehari-hari, zat besi mudah ditemukan dalam lentil, daging sapi, bayam dan sereal yang telah diperkaya dengan zat besi. Namun, bila kondisi ini terus berlanjut, sebaiknya periksakan diri Anda ke Dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. 

Picture
3. Bibir Yang Kering Dan Pecah-Pecah Bibir yang terasa lebih kering dari biasanya wajar terjadi ketika seseorang sedang kekurangan cairan, misalnya ketika berpuasa. Namun, jika kondisi ini semakin parah yang membuat sudut bibir mengalami pecah-pecah dan luka akibat kekeringan, sebaiknya waspadai nutrisi yang Anda konsumsi sehari-hari, ada kemungkinan Anda kurang asupan vitamin B2. Defisiensi Riboflavin (vitamin B2) dapat mengakibatkan bibir menjadi kering (terutama ditepi bibir) disertai pecah-pecah/luka pada kedua sudut mulut. Bila terus berlanjut, keadaan ini juga dapat mengakibatkan gangguan saraf yang bergejala kesemutan pada ujung-ujung jari tangan dan kaki. Jika Anda mengalami gejala2 ini, periksakan diri Anda ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Sementara itu, Anda dapat menambah asupan vitamin B2 dengan memperbanyak konsumsi almond, salmon, brokoli, keju cheddar dan telur. 

Picture
4. Jerawat Membandel Meskipun tidak ada satupun makanan (mitos bahwa coklat dan pizza dapat mengakibatkan jerawat tidak terbukti kebenarannya) yang terbukti dapat mengakibatkan jerawat, kekurangan zat nutrisi tertentu bisa membuat jerawat menjadi lebih sering muncul bahkan menjadi lebih parah dan meradang dari biasanya. Asam lemak omega 3 memiliki sifat anti peradangan yang kuat, jika tubuh Anda kekurangan asam lemak omega 3, Anda dapat menjumpai lebih banyak peradangan terjadi pada tubuh Anda, salah satunya dalam bentuk jerawat. Karena itu, perbanyaklah konsumsi ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3, seperti salmon, tuna, makarel dan sardin 

Picture
5. Kuku Rapuh Jika Anda terus menerus berususan dengan masalah kuku yang rapuh dan mudah patah, bisa jadi Anda kekurangan biotin dalam asupan nutrisi sehari-hari. Biotin memberikan nutrisi pada lempeng pertumbuhan kuku. Jika lempeng pertumbuhan kuku kurang ternutrisi, kuku yang tumbuh menjadi rapuh dan cenderung mudah patah. Telur dan kacang-kacangan adalah sumber alami biotin yang murah dan mudah ditemukan.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023