Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Arti kata SPF dan 5 alasan mengapa sunscreen penting untuk kulitmu

21 April 2022

Apakah kamu sering melihat istilah SPF dalam sunscreen ataupun dalam produk kosmetik lainnya? SPF seringkali digunakan sebagai salah satu daya jual produk karena efek positifnya bagi kulit. Nah, kalau kamu belum paham dengan istilah dan manfaat SPF, yuk, mari kita cari tahu!

 

Apa arti SPF?

 

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor, yang didefinisikan sebagai seberapa lamanya kulitmu bisa terpapar sinar matahari sebelum proses sunburn (atau kulit terbakar) mulai terjadi jika terlindung sunscreen, dibandingkan kulit yang tidak dilindungi sunscreen. Contohnya, apabila kamu memakai sunscreen dengan SPF 30, kamu bisa berjemur di matahari sebanyak 30 kali lebih lama – dengan resiko sunburn yang minimal – daripada saat kamu tidak memakai sunscreen.

 

Poin penting yang perlu diingat di sini adalah semakin tinggi angka SPF, maka semakin maksimal pula perlindungan dari sinar UV matahari yang bisa kamu dapatkan dengan memakai produk itu.

 

Mengapa kita perlu perlindungan dari radiasi UV?

 

Jika kita terlalu sering terekspos sinar UV, radiasi yang terjadi dapat menimbulkan efek sesimpel kerutan di kulit, hingga seberat kanker kulit. Oleh karena itu, SPF sangat penting untuk dipakai dalam rutinitas sehari-hari, baik outdoor maupun indoor. Betul, SPF juga harus dipakai indoor lho, karena kulit kita masih bisa terekspos sinar UV lewat jendela dan pintu terbuka. Sekarang, mari kita bahas manfaat-manfaat dari menggunakan sunscreen atau produk yang mengandung SPF.

 

5 manfaat sunscreen

 

1. Melindungi kulit dari sunburn dan inflamasi

 

Salah satu manfaat yang pasti semua orang sudah tahu dari menggunakan sunscreen yaitu perlindungan kulit dari radiasi UV yang dapat menyebabkan kemerahan, inflamasi ataupun sensasi terbakar. Ini terutama penting untuk kamu yang kulitnya tergolong putih, bersifat sensitif atau kamu yang memiliki kondisi kulit psoriasis atau rosacea.

 

2. Mengurangi resiko kanker kulit

 

Pemakaian sunscreen setiap hari meski saat mendung adalah cara termudah untuk mengurangi resiko terjadinya kanker kulit. Ingat, radiasi sinar UV bersifat akumulatif, jadi konsistensi dalam memakai sunscreen sangatlah penting.

 

3. Bermanfaat sebagai anti-aging

 

Tahukah kamu bahwa flek dan kerutan dari penuaan dini paling umum disebabkan oleh sinar matahari? Ya, jika kamu terlalu sering terekspos sinar matahari, sel-sel kulitmu akan cepat rusak dan alhasil, kulitmu akan lebih cepat terlihat menua. Maka, kalau kamu ingin lebih awet muda, pastikan untuk rajin menggunakan sunscreen atau makeup yang mengandung SPF setiap hari, tanpa malas!

 

4. Mencegah warna kusam

 

Hiperpigmentasi yang ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, dan warna kulit yang tidak merata dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Memang, rutinitas memakai sunscreen tidak bisa menyembuhkan (lihat opsi Perawatan kami untuk mengurangi flek dan warna kusam), tapi pastinya bisa mencegah agar tidak semakin parah. Oleh karena itu, yuk, biasakan memakai sunscreen secara rutin untuk menjaga warna cerah kulitmu!

 

5. Menjaga skin barrier

 

Skin barrier adalah lapisan kulit yang paling luar yang dapat memproteksi kulit kita dari berbagai faktor eksternal seperti polutan dan alergen, serta menjaga kelembapan kulit. Apabila skin barrier menipis atau rusak, kulit akan lebih terekspos, dan alhasil, akan jadi kering, sensitif, serta mudah iritasi dan bisa menimbulkan bruntusan ataupun jerawat-jerawat kecil.

 

Dan salah satu faktor yang dapat merusak skin barrier? Tak lain dari sinar UV matahari. Karena inilah, jika kamu rajin melindungi kulitmu dengan sunscreen, skin barrier-mu akan lebih terawat, dan kesehatan kulitmu lebih terjamin karenanya.

 

Temukan sunscreen Estetiderma favoritmu

 

Nahh, sudah jelas kan kenapa SPF penting untuk kulitmu? Tunggu apa lagi, yuk temukan produk sunscreen Estetiderma favoritmu di sini. Atau, lihat opsi Perawatan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan atau flek dan warna kusam.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023

Treatment viral: Retinol Peel di Estetiderma Skin Clinic

Apakah kalian sudah lihat video Tiktok yang saat ini sedang viral tentang Retinol Peel? Betul, treatment ini hanya tersedia di klinik kecantikan Estetiderma, lho~ Namun, sebenarnya apa sih Retinol Peel? Dengan hasil yang auto glowing, proses kulit mengelupas bagaikan cosplay jadi ular, tetapi dengan harga masih terjangkau, pasti banyak dari kalian yang penasaran. Yuk, kami jelaskan apa itu Retinol Peel, serta fungsi dan prosesnya!

25 May 2023