Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

Anti Acne Series 1: Anatomi dan Jenis Kulit Wajah

11 April 2015
Seri pertama dari topik “ Anti Acne Series “ dimulai hari ini, dan Anda akan mulai mendapatkan tips membasmi jerawat. Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang bebas jerawat, kami akan membahas tentang anatomi dan jenis kulit wajah pada umumnya.
Lapisan Epidermis Lapisan epidermis adalah lapisan paling luar pada kulit, yang memiliki ketebalan yang berbeda-beda yaitu berkisar antara 75 – 150 um pada kulit wajah. Lapisan epidermis sendiri tersusun dari bagian-bagian lain yaitu : • Melanosit: Sel penghasil melamin pada kulit. Sel langerhans : sel yang berperan penting dalam proses imunologi kulit. Sel Merkel: Sel yang memiliki peran untuk menjadi mekanoreseptor sensoris bagi kulit. ​ • Keratinosil: Bagian yang tersusun atas beberapa lapisan lain yaitu, stratum korneum,  stratum lucidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basal.
Lapisan Dermis Bila lapisan epidermis adalah lapisan pertama, maka lapisan dermis adalah lapisan kedua, dan lapisan ini memiliki dua lapisan kulit yang disebut, stratum papilare, dan stratum reticulare. Lapisan ini mempunyai lapisan turunan yang berasal dari lapisan epidermis, yaitu rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebacea.​ Lapisan dermis memiliki ketebalan yang berbeda-beda, karena bergantung pada tubuh manusia, akan tetapi lapisan ini memiliki ketebalan maksimal hingga 4 mm.
Lapisan Subkutan Lapisan subkutan ini merupakan struktur kulit terdalam yang memiliki banyak sel liposit, yang berguna dalam memproduksi jaringan lemak yang merupakan pelapis antara tulang dan otot. Lapisan subkutan merupakan jaringan yang mengandung sel lemak dalam jumlah yang bervariasi. Dalam lapisan subkutan ini terdapat pembuluh darah, limfa, dan saraf, yang merupakan bagian yang merespon stimulus seperti rabaan, rasa nyeri, dan suhu tinggi maupun rendah. ​ Itulah anatomi dan jenis kulit wajah, pada seri selanjutnya akan dibahas tentang faktor penyebab munculnya jerawat. Stay tune!

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023

Treatment viral: Retinol Peel di Estetiderma Skin Clinic

Apakah kalian sudah lihat video Tiktok yang saat ini sedang viral tentang Retinol Peel? Betul, treatment ini hanya tersedia di klinik kecantikan Estetiderma, lho~ Namun, sebenarnya apa sih Retinol Peel? Dengan hasil yang auto glowing, proses kulit mengelupas bagaikan cosplay jadi ular, tetapi dengan harga masih terjangkau, pasti banyak dari kalian yang penasaran. Yuk, kami jelaskan apa itu Retinol Peel, serta fungsi dan prosesnya!

25 May 2023

Chemical Peeling: Atasi jerawat, flek, kerutan dan kulit kusam hanya dengan satu treatment

Medical Peeling adalah perawatan wajah (atau badan) yang fungsinya adalah untuk mengelupas lapisan kulit paling atas secara kimiawi yang dapat mengeringkan jerawat dan komedo, mencegah penuaan dini, memudarkan flek hitam, menghaluskan tekstur kulit, dan mencerahkan warna kulit.

7 March 2023