Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

8 faktor penyebab jerawat yang perlu kamu ketahui dan cara mengatasinya

21 December 2021

Jerawat. Ini dia salah satu keluhan kulit yang paling sering kami temui saat melayani pasien di Estetiderma Skin Clinic. Meski paling umum terjadi pada kaum remaja, terkadang jerawat tak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, bahkan seseorang di kelompok umur 40 atau 50-an. Saat jerawat datang, pertanyaan pun muncul di benak: Duh, kenapa jerawatku datang-datang lagi?

 

Sebelum kita masuk ke topik utama mengenai faktor-faktor penyebab datangnya jerawat, ada baiknya kita bahas dulu definisi jerawat.

 

Sebenarnya apa sih, jerawat itu?

 

Jerawat atau acne adalah peradangan yang terjadi pada pori-pori kelenjar minyak kulit yang tersumbat. Dengan kata lain, jerawat adalah komedo yang meradang atau terkena infeksi. Keluhan jerawat umumnya dialami oleh orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak, dan bisa muncul di berbagai area wajah dan tubuh sebagai benjolan merah yang terkadang bermata nanah.

 

8 faktor penting penyebab jerawat

 

Kalau kamu sekarang sudah mengerti asal-usul datangnya jerawat, yuk simak di bawah, apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan wajahmu jadi berjerawat:

 

  1. Masa pubertas
    Ini dia alasan kenapa jerawat paling sering dialami oleh mereka yang berada di kelompok usia remaja. Saat mengalami pubertas, hormon androgen di dalam butuh meningkat cepat, dan hormon androgen ini dapat merangsang produksi minyak di kulit kita. Alhasil, resiko penyumbatan dan peradangan pori-pori pun meningkat.
  2. Perubahan hormon saat akan menstruasi
    Sebelum seorang wanita mengalami datang bulan atau menstruasi, level hormon estrogen dan progesteron menurun, dan perubahan ini dapat mengakibatkan meningkatnya produksi sebum/minyak di kulit wajah.
  3. Faktor genetik
    Bakat sifat kulit berminyak bisa diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Artinya, jika ayah, ibu ataupun kakek-nenekmu memiliki tipe kulit berminyak, kemungkinan besar kamu juga akan memiliki tipe kulit berminyak.
  4. Kebiasaan memencet komedo
    Ekstraksi komedo penting dilakukan secara berkala agar wajah lebih bersih; namun, jika dilakukan saat wajah dan tangan kurang steril, kemungkinan jerawat untuk timbul cukup tinggi. Karena itu, pastikan untuk menyerahkan proses ekstraksi komedomu pada tenaga profesional, seperti skin therapist kami. Lihat detil Facial dan Jet Peel di Estetiderma, atau cari klinik Estetiderma terdekatmu.
  5. Kebiasaan memegang wajah
    Pernahkah kamu menghitung berapa kali kamu memegang wajahmu dalam sehari? Kurangi kebiasaan ini ya, karena jari-jari dan wajah yang kurang bersih dapat meningkatkan resiko jerawat.
  6. Pemakaian kosmetik atau skincare yang mengandung minyak
    Penderita jerawat pasti memiliki refleks untuk menutupi jerawat dan bopeng dengan concealer atau foundation – dan ini sangat bisa dimengerti. Namun, perlu diingat bahwa produk kosmetik maupun skincare terkadang mengandung minyak, yang saat menempel di wajahmu, dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan resiko jerawat. Saran kami, kurangi pemakaian kosmetik jika tidak diperlukan, dan pilih skincare yang bersifat non-comedogenic. Lihat paket Acne Skin Series kami.
  7. Kurang tidur dan stress
    Mungkin kamu sudah pernah dengar, tapi kurang istirahat dan terutama stress dapat mengganggu stabilitas hormon di tubuhmu, yang dapat mengakibatkan peningkatan produksi sebum dan/atau memperlambat penyembuhan luka atau infeksi. Jadi, pastikan untuk tidur cukup sebanyak setidaknya 7 jam setiap malam, dan cari waktu untuk merelaksasi pikiran, ya.
  8. Asupan makanan yang tidak sehat
    Nutrisi berpengaruh penting bagi tak hanya kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulitmu. Makanan tidak sehat yang umumnya mengandung karbohidrat, susu, gula atau lemak yang tinggi dapat meningkatkan inflamasi dan produksi sebum di kulit kita.

 

Solusi perawatan kulit berjerawat di Estetiderma

 

Di Estetiderma, kami mengedepankan solusi perawatan kulit yang efektif, aman dan berbasis medis. Solusi bagi seseorang yang memiliki keluhan jerawat kemungkinan bisa bervariasi, tergantung kondisi pasien dan hasil analisa dokter klinik kami. Namun, berikut contoh rekomendasi sebagai gambaran:

 

  1. Lakukan treatment di klinik secara rutin
    Contohnya dengan Medical Peeling, yang dapat mengeringkan jerawat dan mengelupas lapisan terluar kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Untuk list lengkap treatment acne kami, lihat di sini.
  2. Pakai obat resep sesuai rekomendasi dokter
    Agar hasil maksimal, pasien perlu menjaga dan mengobati lebih lanjut dengan menggunakan obat resep di rumah sesuai petunjuk dokter.
  3. Pakai skincare Estetiderma yang bersifat non-comedogenic
    Untuk mengurangi resiko timbulnya jerawat karena penggunaan skincare yang dapat menyumbat pori-pori, kami sarankan untuk memakai skincare Estetiderma. Lihat paket skincare Acne Skin Series kami.

 

Sebagai penutup, untuk mengatasi jerawat, ada dua hal yang kamu perlukan: kesabaran dan kedisiplinan. Mengobati wajah berjerawat bukanlah hal yang mudah, namun, jika kamu bisa bersabar dan terus disiplin dalam mengikuti rekomendasi dokter, pasti usahamu akan membuahkan hasil. Good luck!

 

Gratis konsultasi dokter via WhatsApp

 

Untuk lihat lokasi klinik Estetiderma terdekatmu, dan untuk konsultasi gratis melalui WhatsApp, klik di sini.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

19 March 2024

Ini Dia Treatment Andalan Finalis KDI di Estetiderma Skin Clinic

Menjalani rutinitas skincare atau perawatan wajah kini sudah menjadi hal yang penting terutama untuk kaum selebriti yang sering tampil, contohnya finalis Kontes KDI 2023, Eky, Warda, dan Husen. Apa sih rahasia mereka agar kulit tetap bisa sehat? Ini dia rangkaian treatment-treatment andalan kontestan Kontes KDI 2023!

12 December 2023