Klinik kami operasional dengan prokes COVID-19. Lokasi >

4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mata Panda

4 May 2018
Ahli kulit New York, Amy Wechsler mengungkapkan empat penyebab utama di balik bayangan gelap di bawah mata berikut penanganannya.

​Penyebab 1 : Daerah bawah mata yang sembab/bengkak

Penangananya : Kantung mata memberikan area gelap di bawah mata yang membuat wajahmu terkesan lelah meskipun telah cukup berisitirahat (tidur 8 jam setiap malamnya). Pertama, kurangi konsumsi garam dan alcohol yang menjadi penyebab timbunan cairan dalam jaringan, yang memudahkan mata tampak sembab/bengkak di pagi hari. Gunakan bantal ekstra ketika tidur untuk membantu “mengosongkan” cairan yang menumpuk di sekitar mata ketika kamu tidur. Jika kamu sudah menjalani kedua hal ini namun masih saja menjumpai kantung mata ketika bangun di pagi hari, gunakan kompres dingin pada kantung mata untuk membantu mengurangi pembengkakannya. Kamu bisa menggunakan sendok teh yang telah didinginkan dalam freezer sebagai kompres dingin, pijat daerah mata yang sembab dengan kompres dingin sambil ditekan-tekan/dipijat lembut dari dalam menjauhi daerah mata untuk membantu mengosongkan timbunan cairan. Jika Anda sudah melakukan segala cara namun masih menjumpai kantung mata tersebut setiap saat (bahkan saat sore/malam hari setelah beraktivitas seharian), kemungkinan masalah kantung mata yang kamu alami disebabkan oleh bantalan lemak bawah mata yang menonjol akibat penuaan, keadaan ini hanya dapat diatasi dengan prosedur bedah yang dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik. Solusi cepat : Bubuhkan concealer pen yang mengandung bahan pemantul cahaya disekitar daerah gelap tepat dibawah kantung mata. Hal ini untuk menyamarkan perbedaan ketinggian area bawah mata yang membengkak sehingga pembengkakan di bawah mata tidak terlalu nyata. (Jangan aplikasikan concealer pada seluruh area kantung mata; hal ini malah akan semakin mempertegas kantung mata yang dimiliki).​

Penyebab 2 : Pigmentasi kulit (flek)

Penanganannya : untuk mengetahui apakah memang pigmen berlebih yang menjadi penyebab di balik mata panda yang kamu miliki, tekan daerah mata yang gelap. Apakah daerah gelap berkurang/memudar? Jika ya, kemungkinan penyebabnya terletak pada pembuluh darah di bawah kulit (lihat penjelasan selanjutnya). Jika daerah gelap masih tetap sama/tidak mengalami perubahan warna ketika ditekan, besar kemungkinan mata panda yang Anda miliki diakibatkan oleh pigmentasi bawaan yang diturunkan secara genetik atau akibat paparan sinar matahari atau keduanya. Untuk mengatasinya, gunakan tabir surya pada area bawah mata (dan seluruh wajah) pada pagi dan siang hari. Jika Anda menginginkan efek “pencerahan” yang lebih optimal, gunakan tabir surya yang mengandung bahan pencerah alami vitamin B3 seperti Estetiderma Whitening Sunscreen Spray. Selain dapat mencegah penggelapan kulit akibat paparan sinar matahari, kandungan vitamin B3 di dalamnya juga akan mencerahkan kulit dari dalam dan tentunya tetap aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Formulasi “less oil”yang dimiliki juga sesuai bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan timbulnya jerawat setelah menggunakan tabir surya. Gunakan juga kaca mata hitam ketika harus beraktivitas di luar ruangan agar memberikan proteksi yang lebih baik. Solusi cepat : mata panda yang disebabkan oleh pigmen kulit berlebih biasanya berwarna coklat atau sedikit kekuningan. Concealer dalam bentuk cream berwarna peach dapat membantu menetralkannya, gunakan hanya pada daerah bawah mata yang berwarna gelap. ​

Penyebab 3 : Pembuluh darah​

Penanganannya : Bila mata panda berkurang gelapnya ketika ditekan, kemungkinan penyebabnya adalah pembuluh darah yang dapat terlihat melalui kulit yang tipis. Solusinya adalah dengan menambah ketebalan kulit sehingga tampilan pembuluh darah tidak terlalu jelas. Gunakan krim mata yang mengandung derivat asam vitamin A setiap malam untuk membangun jaringan kolagen dibawah kulit dan membuat kulit lebih berisi. Krim mata ini tidak dijual bebas dan hanya dapat diperoleh dengan mengunjungi klinik Estetiderma. Solusi cepat : Mata panda yang diakibatkan oleh pembuluh darah biasanya berwarna kebiruan, sehingga paling baik disamarkan dengan concealer berbentuk cream berbentuk kekuningan.

Penyebab 4 : Cekungan dibawah mata

Penanganannya : Jika mata panda disebabkan oleh bagian bawah mata yang cekung, satu-satunya solusi adalah dengan mengisi daerah cekung tersebut menggunakan asam hialuronat. Prosedur ini umum dikenal dengan nama filler, dan juga dapat Anda peroleh di klinik Estetiderma. Solusi cepat : Concealer yang mengandung bahan pemantul cahaya akan membuat daerah cekung bawah mata nampak lebih berisi. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di sudut mata bagian dalam, yang biasanya memiliki daerah paling gelap.

Artikel Terkait

Ini treatment perawatan kulit yang kamu perlukan saat bulan puasa!

Jadi treatment apa sih yang cocok untuk menjamin kulit glowing sampai silau? Pastinya Complete 4-in-1 Jet Peel, dong, treatment andalan dari banyak EstetiBesties untuk mengembalikan warna cerah dan kekenyalan kulitmu.

27 March 2024

Skin Booster Salmon DNA: Manfaat, Prosedur Treatment dan Biaya

Kini, Estetiderma hadir dengan Skin Booster yang menggunakan bahan aktif Salmon DNA, atau biasa disebut suntik DNA salmon. Tetapi seperti apa sih prosedur dan manfaat dari treatment suntik DNA salmon tersebut? Yuk, baca terus untuk cari tahu!

19 March 2024

Penyebab dan cara menghilangkan kutil dan skin tag

Pada umumnya, skin tag tidak berbahaya atau beresiko kepada kesehatan. Kutil pun sama, namun ada beberapa tipe kutil yang perlu dicek oleh dokter untuk memastikan tidak ada resiko kanker. Untuk kalian yang ingin cari tahu penyebab dan cara menghilangkannya, baca terus artikel ini!

19 March 2024

Treatment viral: Retinol Peel di Estetiderma Skin Clinic

Apakah kalian sudah lihat video Tiktok yang saat ini sedang viral tentang Retinol Peel? Betul, treatment ini hanya tersedia di klinik kecantikan Estetiderma, lho~ Namun, sebenarnya apa sih Retinol Peel? Dengan hasil yang auto glowing, proses kulit mengelupas bagaikan cosplay jadi ular, tetapi dengan harga masih terjangkau, pasti banyak dari kalian yang penasaran. Yuk, kami jelaskan apa itu Retinol Peel, serta fungsi dan prosesnya!

25 May 2023